Skip to main content

RAMA: KOTA


           


“hah di gebukin giman.....”. Gue terdiam beberapa detik setelah noleh ke belakang ternyata abang cuanki yg tadi malah hilang.

            “assalamualaikum!”. Salam gue saat memasuki rumah yg sudah ada papa sama mama didalam.
            “waalaikum salam”. Jawab mama sama papa
            “eh mama sama papa udah pulang, sampe rumah jam berapa pa?”. Tanya gue
            “udah dari pagi kok de, ke ujanan kamu?”. tanya papa
            “dikit doang sih soalnya tadi neduh dulu, hari pertama bawa motor udah begini hhhhhh”. Keluh gue
            “ehiya gimana motornya? Enak ga? Papa mau nyobain juga, yuk mah jalan jalan naik motor biar kayak waktu pacaran dulu hehe”. ajak papa ke mama.
            “gamau ah, papa kalo naik motor suka ngebut ngebut, apalagi motornya rama kayak motor balap gitu kan” jawab mama. “kamu jangan ngebut ngebut loh dek bawa motornya, lagian papa kenapa beliin motornya yg begitu sih?”. Tanya mama sedikit kesal.
            “biar anak kita makin ganteng mah, kasian itu belom pernah papa liat dia deket sama cewe hahahaha”. Ledek papa
            “ga ngebut kok ma” jawab gue ke mama. “awas aja pa, nanti kaget papa liat Rama goncengin cewe beda beda tiap hari haha”. Jawab gue ke papa.
            “ehhh berani kamu kayak gitu mama jewer kamu, mamamu ini juga cewe, gaboleh mainin perasaan cewe kayak gitu!”. Sdikit ceramah mama
            “becanda maaaaaaaaaaaaaaaaaaaa”. Kata gue sambil merajuk manja ke mama.
            “mas Rio kemana ma?”. Tanya gue
            “tadi katanya sih mau keluar ketemu temen temen SMA dia”. Jawab mama
            “ohh begitcuu, ehiya pah besok Rama pinjem mobil yg kecil yah?, biar mas Rio bawanya mobil papa aja”. Pinta gue ke papa
            “mau kemana kamu emang? Punya anak dua orang tua baru pulang bukannya ditemenin gitu malah pergi masing-masing”. Jawab papa
            “itu pa besok rama ada tugas disuruh bikin laporan situs bersejarah, nah rencananya Rama mau ke kota besok sama temen-temen kelompok”. Jelas gue
            “yaudah gih sana, berarti papa mau pacaran aja sama mama naik motor kamu”. jawab papa sambil nyolek mama.
            “nah bener tuh biar tetep mesra di hari tua hehe”. ledek gue
            “enak aja mama masih awet muda tauuu”. Jawab mama
            “hehehe iyadeh mamaku awet muda dan masih cantik, udah ah Rama mau mandi dulu, udah mau maghrib hehe dadahh”. Kata gue sambil berlalu setelah sebelumnya nyium pipi mama sama papa.

            Gue masih kebayang cantiknya Nadya tadi pas di halte dan beberapa detik kemudian bayangan gue tergantikan oleh ingetan soal abang cuanki tadi, “Sial!” kata gue dalem hati.


            Jam sudah menunjukan jam setengah 9 pagi. Gue udah siap buat jalan setelah sebelumnya minta tolong pak Yono buat manasin mobilnya dulu. Ya emang gue bilang ke Ari buat otw jam 9 tapi emang udah kebiasaan gue selalu pergi lebih awal dari waktu yg udah ditentuin. Prinsip gue lebih mending nunggu dibanding ditungguin, dan gue juga gasuka kalo pergi dengan terkesan buru buru.
“tiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnn!”. Suara klakson gue didepan gerbang rumah Ari.
Jam setengah 10 gue udah ada di depan rumah Ari, yap gua malah jadi dateng lebih awal.
            “IYOOOOOOOOOOOOOOOOO BENTARRRRRRRRRRR!!!”. Teriak Ari sambil keluar pake anduk dan sepertinya dia tadi lagi mandi, bisa diliat dengan adanya busa sampo dirambutnya.
            “kok lu udah dateng ajasih, untung gue denger, belom kelar ini sampoan gua wey!”. Keluh Ari kesal karena melihat temannya datang tidak tepat waktu alias kecepetan.
            “biarin lah, lagian gua udah siap dari pagi hehehe”. Jawab gue
            “yodeh parkir yg bener, terserah lu mau nunggu dimana, bokap nyokap lagi pergi Arisan Liting dari pagi, gue mau lanjut mandi dulu, nanti gerbang tutup lagi!”. Kata Ari dengan nada kesal.
Gue langsung markirin mobil dan ga lama setelah itu terdengar suara motor masuk ke halaman rumah Ari. Itu Anton, ternyata dia dateng lebih awal juga.
            “lah udah dateng lu Ram”. Kata Anton.
            “iya dongg, lu juga tumbenan udah dateng juga, biasa juga kalo janjian suka ngaret haha”. Kata gue.
            “enak aja, si Ari noh tukang ngaret, urutan ketepatan waktu kita kan lu terus gue baru Ari haha”. Jawab Anton.
            “kemana si Ari?”. Tanya Anton sesaat setelah gue memutuskan buat nunggu Ari diteras.
            “lagi mandi, tadi pas gue dateng rambutnya masih banyak sampo hahaha”. jawab gue
            “berarti tinggal Cindy yak yg belom dateng?”. Tanya Anton lagi
            “iya, tinggal si bawel tuh”. Jawab gue lagi
Ari sudah selesai mandi dan kami semua sudah siap buat berangkat. Jam sudah menunjukkan jam setengah 11 dan Cindy belum datang juga.
            “makasih ya kak”.
            “iya sama sama, nanti mau dijemput lagi ga pulangnya?”.
            “ah gausah kak, nanti aku paling dijemput sama ayah hehe”
            “oh begitu, yaudah kakak jalan dulu ya, bye dek”
            “iya kak, hati-hati yaa”.
Terdengar percakapan dari balik gerbang rumah Ari.
            “assalamualaikum!”. Teriak suara perempuan
            “waalaikum salam”. Jawab kami bertiga hampir bersamaan.
Ternyata itu Cindy yg baru dateng setelah sekian lama kami menunggu. Dia datang dengan dianter oleh seseorang dan sepertinya itu cowo.
            “hai gaess maap telat hehehe”. Kata Cindy dengan nada manjanya.
            “sama siapa lu tadi? Cowo lu?” tanya Ari dengan nada serius.
            “ih kepo amat sih, baru dateng udah ditanya tanya, orang mah bikinin minum kek”. Jawab Cindy ketus.
            “ya lagian lu dateng lama banget, udah jam berapa ini, mana ga ada rasa bersalahnya lagi’. Balas Ari dengan nada yg ga kalah ketus.
            “ehhh udah udah napa malah jadi pada berantem dah, udah yuk langsung jalan aja, udah siang”. Kata gue sambil mencoba misahin mereka.
            “si Ari tuh lagian, gue kan udah minta maap”. Jawab Cindy singkat.
            “udah udah, yuk ah”. Jawab gue.
Diperjalanan Ari keliatan diem aja, ga semangat, gatau kenapa. Mules kali.
Sesampainya kita dikota cuacanya lagi mendung berawan, kayaknya sih mau ujan. Sedikit cerita tentang kota. Tempat ini tuh banyak bangunan bangunan tua sisa penjajahan belanda. Ada beberapa benteng dan juga pelabuhan disini. beberapa bangunan ada yg dijadikan museum atau kantor-kantor pemerintahan, tapi ga sedikit juga yg dibiarin gitu aja. Suasana disini terkesan agak gloomy gitu, ya mungkin juga karena dulu disini pernah jadi saksi bisu pembantaian pribumi pada masa penjajahan. Waktu kecil gue pernah diajak papa sama mama kesini buat rekreasi sekaligus belajar sejarah, dan kalian tau saat pertama kali gue sampai disini gua bisa lihat banyak banget orang belanda. Pikiran kecil gue berkata karena disini banyak bangunan belanda, makanya banyak juga orang belanda. Tapi ternyata pikiran gue salah, mereka bukan orang, mereka makhluk makhluk halus yg sudah lama tinggal disini, dan dibeberapa tempat juga gue masih bisa liat kaum kaum pribumi yg seperti habis disiksa, pun gue masih bisa liat bercak-bercak darahnya ditembok- tembok beberapa bangunan disini.
            “kita mau makan siang dulu atau langsung nyari bahan nih?”. Tanya Ari yg dari tadi diam dan akhirnya buka suara.
            “makan dulu aja yuk, laper gue, ehiya Cin katanya lu mau bikin sandwich”. Tanya gue ke Cindy.
            “udah dongg, nih gue bawa, mau makan dimana kita?”. Tanya balik Cindy sambil ngeluarin kotak bekal dari dalem tas.
            “disono aja tuh, ada kayak taman gitu”. Jawab gue.
            “gue makan disana aja yak, lagi ga pengen makan roti”. Kata Ari sambil melenggang pergi ke jejeran penjual makanan.
            “Ram Ari lagi kenapa dah? Dari tadi kayaknya lesu sama ketus amat?”. Tanya Anton sambil melahap sandwichnya Cindy.
            “gatau gue juga tumben tumbenan, tadi gua dateng perasaan biasa aja dah” jawab gue.
            “apa karena tadi gue telat ya?” tanya Cindy dengan nada sedikit bersalah.
            “yakali, biasanya dia telat juga kita ga kenapa napa, masa giliran lu yg telat malah segitunya dia”. Jawab Anton.
            “ah tetep gaenak gue, udah ah gue mau samperin dia dulu, sandwichnya diabisin!!!”. Kata Cindy sambil melenggang nyamperin Ari.
            Cindy pun melenggang meninggalkan gue dan Anton meluncur ke Ari yg keliatannya lagi mesen bakso.
            Sandwich buatan Cindy kali ini lumayan enak. Gue gatau dia pake daging apa tapi kerasa banget, dan sayurannya juga kayaknya fresh sih. Saking enaknya sandwichnya Cindy ga kerasa udah hampir dua jam mereka belom balik juga.
            “ton Ari sama Cindy kok ga balik balik yak? Jangan jangan berantem beneran?”. Tanya gue ke Anton yg lagi ngabisin sandwich terakhir kita.
            “ehiya bener juga, jangan jangan mereka pukul pukulan terus kegep polisi terus dibawa buat diperiksa gara gara dikira KDRT?”. Anton terlihat becanda histeris
            “huss palalu, ngaco aja dah”. Jawab gue. “eh itu mereka, lah si Ari udah cengengesan itu sama Cindy, cepet amat baikannya?”. Tanya gue.
            “mungkin Cindy minta maapnya sambil manja manja lucu gitu kali, lu tau kan Ari lemah sama cewe”. Jawab Anton
            Ari dan Cindy yg tadi diem-dieman sekarang keliatan kayak bocah abis dikasih duit segepok, ceria abissss.
            “halo gaes, maap lama tadi gua nungguin Cindy boker dulu”. Kata Ari.
            “eh enak aja, lo ye yg boker minta ditungguin sama gue”. Jawab Cindy sambil mencubit keras lengan Ari.
            “Cin! Sakit ih! Gua kan Cuma takut lu nyasar hehe”. ledek Ari
Gue sama Anton masih dengan muka keheranan ngeliat tingkah mereka yg berbeda 180 derajat.
            “Ram gue rasa si Ari abis nembak Cindy terus mereka jadian, makanya seneng banget tuh kayaknya”. Bisik Anton ke gue
            PLAK! “gue denger kampret, jangan bikin gosip deh lo”. Kata Cindy sambil mengeplak kepala Anton.
            “yaudah deh yuk kita mulai nyari bahan buat laporan”. Ajak gue

Seharian kita muterin daerah bangunan-bangunan tua di kota. Keluar masuk museum sekaligus tanya tanya sama warga sekitar. Banyak banget gua ketemu kenalan halus yg baru dan beberapa kali mereka mencoba interaksi sama gue. Gaterasa hari udah mulai gelap dan gue merasa ‘mereka-mereka’ udah mulai gaasik lagipula bahan laporan kita kayaknya juga udah cukup jadi gue memutuskan buat ngajak temen-temen buat cabut dari sana.
            “gaes udah mau maghrib nih, cabut yuk sekalian nyari makan, udah mulai laper lagi nih gue hehe”. ajak gue
            “hayuk deh udah gelap juga, untung aja gajadi ujan tadi”. Kata Ari
            “ehhh bentar dong, temenin gue dulu, ada satu tempat di deket sini yg dari dulu pengen banget gue kunjungin tapi belom kesampean”. Ajak Cindy
Gue agak ragu sebenernya buat nurutin ajakan Cindy, soalnya dari tadi ‘mereka-mereka’ kayak mulai siap-siap buat ngikutin kita.
            “udah jam segini Cin mau kemana lagi sih? Udah gelap juga, nanti malah kemaleman, emang lu boleh balik malem-malem?” tanya Ari.
            “pliss bentar doang kok, abis dari situ janji deh langsung cabut”. Ajak Cindy
            “gimana? Kasih gak nih gaes?” lirik Ari ke arah gue dan Anton.
            “yaudah tapi jangan lama lama, udah laper juga nih gue, perut Indonesia ga mempan dikasih roti”. Jelas Anton
            “yesss, gapapa kan ya Ramaaaa?”. Tanya Cindy dengan nada manjanya dan gue jawab dengan sedikit anggukan.

Beberapa menit kita berjalan ke tempat yg Cindy ingin kunjungi. Tapi semakin lama badan gue kerasa panas dan muncul butir butir keringat.
            “Cin makam banget nih?”. Tanya Anton
            “hehehe iya, ini tuh makan gue tau dari buku konspirasi yg gue baca, katanya ini makam salah satu anggota sekte gitu pas jaman belanda. Dan FYI katanya sekte itu masih ada loh sampe sekarang”. Jelas Cindy
            “sejak kapan lu baca buku begituan? Sampe belabelain ke makam begini lagi”. Tanya Ari keheranan dengan tingkah Cindy
            “waktu itu gue iseng baca koleksi buku punya abang gue, eh jadi keterusan dan penasaran sama tempat tempatnya hehehe”. Jelas Cindy lagi.
Badan gue makin kerasa gaenak dan makin berat. Kesadaran gue udah hampir ilang.
            “eh balik yuk”. Ajak gue
            “eh Ram muka lu pucet banget dah, kenapa lu?”. Tanya Ari
            “ehiya Rama muka lu kenapa pucet banget gitu? Aduh gimana dong, nih minum dulu”. Kata Cindy sambil menyodorkan air putih yg dia genggam dari tadi.
            “gapap.........”. dan ternyata akhirnya gue tumbang.
            “RAAAMMMMM!!”.
.
.
.
.
.
.
.
            Gue berada disebuah saung kecil ditengah sawah. Didepan gue tersedia makanan dengan dialaskan dengan daun pisang. Makanan yg tersedia lebih seperti makanan kampung yg jarang gue liat. Didepan gue ada seorang kakek tua berpakaian serba putih bersih sedang berbincang dengan sepasang suami istri paruh baya.
            “kalian berdua tidak perlu khawatir, semuanya sudah saya beres, sekarang kalian tinggal melaksanakan apa yg sebelumnya sudah saya perintahkan. Tuan putri akan tetap aman, kalian berdua memang orang baik”. Kata kakek tersebut
            “nje mbah, tapi bagaimana dengan Ki Sewu? Dia masih berada disana kan? saya tidak bisa tenang kalau dia masih berada di lingkungan istana.” Tanya bapak tua didepannya.
            “memang yg mulia hanya dijadikan boneka oleh Ki Sewu dan hanya kekuasaan sang pencipta lah yg dapat menyembuhkannya dari sihir jahat Ki Sewu”. Jelas sang Kakek
            “sepeninggal yg mulia kanjeng ratu semua menjadi semakin kacau, Ki Sewu mulai terang terangan menentang dan tidak segan menjadikan yg mulia sebagai bonekanya, terlebih si tua bangka Ki Sewu memaksa kanjeng putri untuk menjadi istrinya”. Jelas sang Istri.
            “ya satu satunya yg bisa kita lakukan adalah mencegah kanjeng putri menjadi istri Ki Sewu. Tidak bisa saya bayangkan kalau itu terjadi dan akan seperti apa nasib Tresno Kerto”. Kata sang kakek.
.
.
.
.
.
“saya juga jadi panik tante, tadi Rama keliatan pucet terus tau tau pingsan”. Terdengar sayup sayup suara perempuan yg gue kenal. Itu Cindy.
“iya sudah sudah tidak apa apa, tadi juga sudah diperiksa dokter dan ga kenapa napa kok”. Kata mama.
Gue yg sedikit sudah mulai sadar mencoba mengingat apa yg baru saja terjadi.
            “RAMAAA!!! Lu udah sadar? Lu kenapa? Gue panik tauuu”. Kata Cindy yg terdengar sesenggukan dan terlihat matanya lebam seperti habis nangis.
            “loh kok gue udah dirumah? Bukannya tadi gue lagi disaw....”. gue menghentikan ucapan gue setelah inget kalau tadi itu gue abis dari kota bukan ditengah sawah.
            “tadi lu tuh pingsan Rama, gue panik. Terus kita langsung nganterin lu pulang. Gue panik banget Rama dijalan gue cuman bisa nangis ngeliat lu. Kenapa lu gabilang kalo lu punya penyakit?”. Kata Cindy yg sepertinya mulai kembali menitihkan air mata.
Gue baru inget gue pingsan pas kita mau memasuki makam. Tapi gue amat sangat yakin gue pingsan bukan karena penyakit gue.
            “gapapa kok mungkin kecapean aja tadi hehe”. jelas gue
            “masih bisa ngeles ajasih lu ihhhhh”. Kata Cindy sambil mencubit perut gue.
            “sakit Cin ih, udah tau baru melek kenapa dicubit sih, pingsan lagi dah gue”. Kata gue sambil menahan cubitan super Cindy.
            “abisnya lu sih”. Kata Cindy sambil senyum tapi masih menitihkan air mata dia.
            “Ari sama Anton kemana?”. Tanya gue
            “itu tadi nak Ari sama Anton langsung pulang. Anton pulang katanya dapet kabar kalo neneknya meninggal, terus kalo Ari katanya kunci rumahnya kebawa dia jadi mama sama papanya gabisa masuk, ada ada aja anak itu”. Kata mama
            “ohh gitu, lah lu terus kenapa masih disini Cin, udah jam segini loh”. Kata gue sambil ngeliat jam dinding yg sudah menunjukkan pukul 10 malam.
            “ya gua gamau pulang sebelum lu sadar lah, kan tadi yg ngajak jalan lagi gue, masa lu gua tinggal gitu aja sih”. Kata Cindy.
            “cieee perhatian sama gue”. Ledek gue.
            “ih apaansih!!”. Sekali lagi Cindy mencubit perut gue, kali ini lebih pelan sih, tapi tetep sakit!.
            “yaudah deh, karena keliatannya lu udah baikan gue pulang yaa”. Langsung Cindy pamit pula ke mama.
            “eh mau pulang sekarang? Yaudah sebentar tante panggilin pak Yono dulu buat nganterin kamu pulang”. Kata mama.
            “iya tante terimakasih malah jadi ngerepotin”. Kata Cindy sok gaenak.
            “ya masa anak perempuan jam segini pulang sendirian, gabaik”. Kata mama
           
            Tidak lama Cindy pun pulang diantar oleh pak Yono.
            “dek itu temen apa pacar? Mama liat orangnya baik”. Ledek mama
            “apaansih mah orang cuman temen, lagian serem dia mah kalo lagi marah gaberani Rama deketin dia hahaha” jawab gue.
.
.
.
.
.
.
.
.
“kanjeng putri, mari ikut saya, sebaiknya kita mengungsi ke gunung Petruk. Keadaan Tresnokerto sudah tidak aman lagi!”.

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen: Love is Blind

Disuatu negeri terdapat sebuah kerajaan yg rajanya amat adil dan bijaksana. Akan tetapi raja tersebut sedang sekarat dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya untuk menikah. Ketika mendekati ajal, sang raja akhirnya menemukan wanita yg tepat untuk menikah dengan anaknya. Singkat cerita menikahlah anak raja dengan wanita itu dan raja pun meninggal beberapa hari setelahnya.                    Kematian sang raja secara otomatis membuat sang pangeran naik takhta menjadi raja. Kerajaan pada saat itu mengalami masa yg sulit, disatu sisi mereka bergembira karena pernikahan sang pangeran, dilain sisi berkabung atas kematian raja yg adil.             Semua berjalan dengan sempurna sampai ternyata sang istri raja muda tersebut memiliki niat buruk kepadanya. Wanita tersebut ternyata menikah dengan sang raja karena keterpaksaan. Dia terpaksa menikah karena waktu itu orang tuanya miskin dan menginginkan anaknya dinikah kan, terlebih itu adalah permintaan sang raja. Ternyata wanita ters

RAMA: Siapa?

                       Ari dengan tampang ketakutannya langsung ngebut menuju gerbang sekolah. Jarak dari parkiran ke gerbang itu sekitar 100meter. Gue sepertinya ga akan cerita yg barusan gue liat, yg ada dia malah gaberani parkir disitu lagi. Setidaknya untuk waktu dekat.             “misi pak!”. Kami menyapa pak satpam yg tadi nyamperin gue di mushola dan dibalas dengan senyum oleh pak satpam.             Gue ngeliat sepertinya Ari sudah mulai tenang. Motor melaju ke rumah Ari tapi sebelumnya kami ke mini market dulu untuk beli cemilan. Lalu diperjalanan setelah dari mini market Ari tiba tiba ngomong                 “tadi lu ga liat apa-apa ram?”.             “ya menurut lu aja ri, yekali gua ga liat”. Jawab gue yg merasa seakan Ari bertanya seperti lupa kalo gue punya kemampuan buat berinteraksi.             “liat apaan aja lu ram? Monyet yg diceritain pak Nanto lu liat ga? Tampangnya kayak gimana?”. Ari terlihat   penasaran.             “mulai kayak A

RAMA: Halte Hujan

            “terus-terus lu udah ngobrol lagi sama dia?”. Tanya mas Rio dengan semangat sambil mengunyah chicken wingsnya.             “belom lah mas, baru   ketemu sekali tadi siang”. Jawab gue. Gue sama mas Rio lagi ngomongin cewe cantik yg tabrakan sama gue tadi siang, Nadya. Dia keliatan excited banget karena mungkin ini pertama kalinya gue cerita tentang cewe ke dia.             “pokoknya gue gamau tau besok cewe pertama yg lu gonceng pake motor baru lu harus dia!”. Mas Rio merintah gue seenaknya macam gue anak buahnya.             “lah mas baru sekali kenalan masa tiba-tiba udah ngajak bareng, lagian kayaknya sulit deketinnya, udah banyak yg ngincer, primadona baru dia disekolah”. Jawab gue             “nah ini nih, mental begini yg bikin lu ga bisa masuk tentara, belom perang udah mundur duluan”. Jawab mas Rio yg sudah selesai porsi pertama makananya dan lanjut porsi kedua.             “yah iya sih mas, tapi gimana, masih ga berani gue”. Jawab gue dengan lesu.