Skip to main content

RAMA: Halte Hujan



            “terus-terus lu udah ngobrol lagi sama dia?”. Tanya mas Rio dengan semangat sambil mengunyah chicken wingsnya.
            “belom lah mas, baru  ketemu sekali tadi siang”. Jawab gue.
Gue sama mas Rio lagi ngomongin cewe cantik yg tabrakan sama gue tadi siang, Nadya. Dia keliatan excited banget karena mungkin ini pertama kalinya gue cerita tentang cewe ke dia.
            “pokoknya gue gamau tau besok cewe pertama yg lu gonceng pake motor baru lu harus dia!”. Mas Rio merintah gue seenaknya macam gue anak buahnya.
            “lah mas baru sekali kenalan masa tiba-tiba udah ngajak bareng, lagian kayaknya sulit deketinnya, udah banyak yg ngincer, primadona baru dia disekolah”. Jawab gue
            “nah ini nih, mental begini yg bikin lu ga bisa masuk tentara, belom perang udah mundur duluan”. Jawab mas Rio yg sudah selesai porsi pertama makananya dan lanjut porsi kedua.
            “yah iya sih mas, tapi gimana, masih ga berani gue”. Jawab gue dengan lesu.
            “gini deh, buat tahap awal kalo lu bisa ngobrol lama sama dia besok, dan tau semua tentang rumah, keluarga, sama hal hal yg dia suka, bulan depan pas gua balik lagi gua beliin action figure kesukaan lu yg gue ga ngerti itu”. Tantang mas Rio.
            “waduh apanya yg tahap awal, lengkap banget gitu, ngajak pulang bareng aja deh gue”. Gue nyoba menawar kesepakatan.
            Setelah menjilat jarinya yg berlumuran bumbu chicken wings satu satu dengan mantap mas Rio mengajak salaman dan berkata “deal!”.
            Dan dengan ragu dan jijik gue menjulurkan tangan gue dan berkata “deal!”.

            Dan setelah tercapai kesepakatan antara dua orang saudara laki-laki tiba-tiba hp mas Rio berdering. Telfon dari mama ngabarin katanya besok mama sama papa pulang, lebih awal karena urusan disana juga sudah selesai lebih awal dan meminta mas Rio untuk menjemput di bandara besok pagi.
            “mama sama papa besok pulang, gua disuruh jemput dibandara pagi-pagi, terus lusa, hari sabtu Dewi ngajak jalan dari pagi, halaahhh gagal rencana gua buat bersantai dan bangun siang”. Kata mas Rio sambil mengeluh.
            “hahaha emang enak!”. Ledek gue.
            Selesai makan gue sama mas Rio langsung pergi nyari barang buat kak Dewi dan setelah itu kami langsung pulang. Sesampainya dirumah gue liat pak Yono sama si mbak ada di kursi teras. Keliatannya mereka ngos ngosan, gatau deh kenapa.
            “pak, mbak, kok diluar, gobyos gitu lagi, ngapain?”. Tanya mas Rio kepada keduanya.
            “itu mas tadi buku di rak pada jatoh semua tiba-tiba, kita bedua kaget terus langsung lari kesini”. Jelas pak Yono.
            “ram coba ayo kita masuk”. Mas Rio ngajak gue masuk dan gue balas dengan anggukan dan langsung diikuti pak Yono dan si mbak dibelakang gue.

Mas Rio buka pintu depan, semua terlihat aman seperti biasa, gue ga merasakan apa apa. Kami berjalan lagi masuk lebih dalam ke dalam rumah. Kali ini di ruang tengah gue merasakan ada hawa yg aneh, suram. Kami mencoba mengecek rak yg tadi dikatakan pak Yono.
            Rapih. Ga ada buku yg jatoh satupun. Gue juga sudah ga merasakan hawa suram tadi, padahal beberapa detik sebelumnya hawa itu kerasa banget.
            “mana pak? Aman aman aja ini, bukunya masih di atas rak”. Tanya mas Rio keheranan.
            “sumpah mas Rio tadi saya liat sendiri bukunya pada jatoh”. Jelas pak Yono dengan nada ketakutan dan wajah terlihat heran.
            “iya mas saya juga tadi denger suara buku pada jatoh-jatoh”. Timpal si mbak.
            “lu ngeliat sesuatu ga dek?”. Tanya mas Rio ke gue.
            “enggak mas, ga liat apa apa gue”. Jawab gue dengan apa adanya.
            “hhmm yasudah pak, mbak, mungkin tadi pada iseng aja kali gasengaja terus udah diberesin lagi haha”. Canda mas Rio
            “ih mas Rio mah lagi begini masih sempet-sempetnya becanda”. Kata si mbak dengan nada sebal.
            “yaudah kan sekarang udah ga ada apa-apa, pada tidur aja gih udah malem, ohiya pak besok mobilnya papa tolong panasin ya pagi-pagi, besok papa sama mama pulang, minta saya yg jemput”. Kata mas Rio
            “loh gajadi pulang lusa mas?”. Tanya pak Yono.
            “enggak pak, urusan disana udah kelar katanya”. Jelas mas Rio
            “yowes mas kalo begitu besok pagi saya siapkan mobilnya, saya pamit ke kamar dulu ya”.
            “iya pak”.
Masih sedikit penasaran gue tadi, hawa suram apaan itu tadi dan ga biasanya ada kejadian begini gue gabisa ngeliat.
            “heh bodat, inget kesepakatan kita tadi!”. Teriak mas Rio sambil jalan menuju kamarnya.
            “iye bawel!!”. Balas gue.

Besok paginya gue bangun dengan semangat karena ini pertama kalinya gue ke sekolah bawa motor walaupun udah hampir 2 tahun gue punya SIM C.
            “loh pak, mas Rio udah jalan?”. Tanya gue ke pak Yono setelah melihat cuman ada satu mobil yg ada di garasi.
            “udah mas tadi subuh-subuh jalannya, katanya biar ga kena macet”. Jawab pak Yono.
            “oh begitu, yaudah pak saya berangkat sekolah dulu ya, mau sekalian nyobain motor baru hahaha”. langsung gue naik ke atas motor keluaran negri sakura bertransmisi kopling, bermesin 250cc itu.
            “iyo mas, hati-hati jangan ngebut”. Pesan pak Yono.
            “siap pak, Assalamualaikum!”.
            “waalaikumsalam”.

            Sampe disekolah dari kejauhan gue ngeliat Ari yg baru mau masuk parkiran. Dia gatau kalo gue ada dibelakangnya dan sekarang gue mau parkir disamping dia.
“tiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!”. Suara klakson motor gue ngagetin Ari diparkiran dan bikin hampir semua orang diparkiran nengok ke arah gue.
            “juuuuuaaaaaannnncoooookkkk”. Teriak Ari yg kaget
Perlahan gue buka helm full face dan buff gue.
            “kampret lu! Gua pikir siapa!!”. Kata Ari sambil mengeplak helm gue.
            “buset buset pagi pagi udah ngomel aja lu hahaha”. ledek gue ke Ari.
            “eh bentar bentar, MOTOR BARU NIH?!!!”. Teriak Ari yg kembali bikin seisi parkiran nengok ke arah kita semua.
            “kampret berisik banget, kampung lu!!”. Kata gue sambil mencoba nutup mulut Ari pake buff gue.
            “i-i-iyaa iya, biasa aja donggg”. Jawab Ari sambil mencoba melepaskan tangan gue yg disertai buff dari mulut dia.
            “wuidihhh pantesan kemaren lu bilang ‘liat aja besok’ ternyata ini toh haha”. Ledek Ari.
            “hehehe akhirnya bokap menyetujui gue bawa motor, biar kayak jaman dia SMA dan biar gue dapet cewe katanya hahaha”. jawab gue
            “buat goncengin Cindy? Hahaha”. kembali Ari ngeledek
            “lah ngapa jadi Cindy dah?”. Tanya gue kebingungan.
            “bocah benga”. Jawab Ari sambil meninggalkan gue yg masih diatas motor menuju kelas.
            “woii tunggu pret”. Teriak gue yg baru melepas jaket.


Dikelas sudah ada Anton yg seperti biasa lagi ngerjain PR-PR buat hari ini.
            “woi ngerjain PR disekolah lu, itu PR jadi PS apa sekolah yg jadi rumah lu?”. Ledek Ari sambil memukul meja pelan.
            “sssttttt diem lu, kayak udah ngerjain aja lu”. Jawab Anton.
            “woilah santai aja gue mah, ga ngerjain juga gue mah ada temennya, ye gak ram?”. Kata Ari yg bicara membelakangi Anton dan sambil nengok ke arah gue tapi gue malah ga ada diarah dia menengok
“ton geser ton”. Kata gue yg sudah berada disamping Anton mencoba ikut menyalin PR hari ini.
“dih si kampret ga setia kawan lu malah ngerjain juga!”. Kata Ari dengan nada kesal.
“sssttt anda bawel yah, udah keluarin buku tulis lu, duduk sini, kita dempetan bertiga ngerjain PR bareng”. Kata gue sambil menepuk-nepuk bagian kursi yg kosong.
“asem lah”. Kata Ari sambil ngambil buku dan langsung duduk disebelah gue yg bikin gue jadi ada ditengah, diantara Anton dan Ari.
“halah tadi aja lu ngatain gua, ujung-ujungnya ngikutin juga kan ngerjain”. Kata Anton yg  mengejek Ari.
“bawel dah”. Kata Ari dengan nada kesal.


Pelajaran pertama dan kedua hari ini hampir berjalan seperti biasanya kalo aja kita bertiga ga kena hukum sama bu Nanik karena jawaban PR kita sama semua. PR tadi pagi yg kami kerjain itu tentang sejarah kerajaan di Indonesia dan jawaban kami bertiga sama persis. Itulah pentingnya belajar ilmu mencontek baik dan benar. Apesnya kami ternyata salah orang untuk jadi sumber jawaban kami. Anton ternyata make jawaban dari Dika teman kelas kami yg terkenal pinter banget tapi pelit banget serta orangnya sulit diajak kerja sama mungkin Dika bisa dibilang briliant jerk. Tanpa sepengetahuannya Anton ngambil bukunya Dika pas dia baru sampe kelas dan langsung keluar, dan pada saat kami dipanggil bu Nanik jadilah Dika menyalahkan kami habis habisan dan walhasil membuat kami bertiga dihukum untuk membuat laporan tentang situs bersejarah peninggalan belanda di daerah kota.
“asem asem, si Dika kampret banget emang, gabisa diajak berkompromi”. Keluh Anton waktu kami bertiga sedang makan dikantin saat jam istirahat.
“ya lagian lu segala nyontek punyanya Dika, udah tau dia bocahnya begitu, kalo soal pelajaran atau jawaban atau PR meditnya melilit”. Balas Ari yg masih keliatan kesal dengan perkataan yg menyudutkan dari Dika saat kami disidang bu Nanik.
“abis gimana, si Dikanya tadi pagi cabut ke kamar mandi, buku sejarahnya ada diatas meja, terus gua belom ngerjain PR, yaudah gua sikat aja kan. lagian lu bedua nyontek ngapa sama persis”. jelas Anton
“ya mana gua tau, gua pikir jawabannya emang boleh sama kan”. jawab Ari yg kesalnya berpindah bertuju ke Anton.
“woi malah salah salahan dah, mending mikirin mau bikin laporan apaan buat tugas yg tadi dikasih bu Nanik? Terus kapan kita ngerjainnya?”. Kata gue sambil coba melerai mereka berdua yg keliatannya sudah mulai memanas.
“hhhhmmm minggu?”. Ari menyarankan.
“eh jangan minggu nyet, gua kan gereja”. Jawab Anton
“besok?”. Saran Ari lagi.
“hhhmmm yaudah boleh tuh besok, kayaknya gue ga kemana mana”. Jawab Anton.
“halah emang biasanya lu ga kemana mana nyet, gimana ram besok?”. Tanya Ari ke gue
“gue sih ayo ayo aja kayak biasa”. Jawab gue netral
“eh ram lu bawa aja mobil yak”. Saran Anton
 “yaudah nanti gue bareng pak Yono deh”. Kata gue
“ehhh jangan sama pak Yono, lu aja yg bawa sendiri, udah ada SIM A juga kan, biar baliknya bisa jalan jalan dulu kita malem mingguan”. Jawab Ari dengan otak doyan maennya dia.
“iya ram, nyari cewe kita!!”. Timpal Anton dengan semangat.
“woooooooiiiiiii!!!!!! Ikut dong!!!!!”. Dari jauh terdengar suara yg ga asing. Cindy yg ternyata dari tadi sedang beli es teh mas Agus mendengar pembicaraan kami.
“hadeh ada bocah ini lagi, bisa gagal nih tujuan berkelana berburu wanita”. Keluh Ari pelan
“pada mau kemana tuhhhh, ikut dong! Besok kan? besok gua free kok, masa jalan jalan pada ga ngajak gua sih”. Bawel Cindy dengan raut manjanya yg selalu dia tunjukkan kalo ada maunya.
“mau ke kota cin, ngerjain tugas hukuman yg tadi dikasih bu Nanik”. Jelas gue.
“waahhh jalan jalan, ikut dong, nanti gua bantuin deh ngerjainnya”. Jawab Cindy
“boleh boleh”. Jawab gue
“halah apanya yg ngebantuin, ngerecokin iya dah”. Keluh Ari pelan tapi tetep kedengeran sama Cindy
“ih apaansih sirik aja lu, orang kata Rama juga gue boleh ikut, ton lu juga ngebolehin kan?”. tanya Cindy ke Anton
“boleh boleh aja sih gua mah, bebasss”. Jawab Anton
“tuhkan pada boleh, lu aja yg sirik kalo ada gua wleeee”. Kata Cindy sambil melet ngeledek ke Ari.
“yodeh dah lu ikut, tapi jangan ngerecokin sama rusuh lu yak”. Kata Ari ke Cindy.
“yesss!!”. Teriak Cindy kesenengan.
“yaudah besok ngumpulnya dirumah gua jam 10 gimana?”. Tanya Ari.
“boleh dah”. Kata Anton
“boleh, berarti gue dari rumah jam 9an yak”. Jawab gue
“oke deh, nanti gue bikinin sandwich deh buat bekel kita hehehe”. Kata Cindy.
Cindy emang suka bikin makanan ataupun masakan gitu, dan kami bertiga yg selalu jadi kelinci percobaan buat nyobain makanan-makanan buatannya.
“awas lu rasanya kayak nasi goreng carbonara gajelas lu waktu itu”. Keluh Ari tentang masakan Cindy terakhir yg menurut gue juga rasanya aneh banget haha.
“iya, iya, namanya juga kan coba coba. Kali ini mah sandwich biasa doang, gamungkin gaenak hehe”. kata Cindy.
“yaudah berarti besok jam 10 teng udah dirumah gua semua yak, nanti gua bawa kamera buat foto-foto laporan kita”. Kata Ari menyimpulkan.
“siap!”. Kata gue, Anton dan Cindy serempak

Sorenya langit terlihat sangat gelap, sepertinya akan turun hujan. Dan sialnya gue hari ini bawa motor. Dan gue belum bertemu Nadya buat ngajak pulang bareng sesuai kesepakatan gue. Bisa gagal dapet action figure Iron Man mk II nih.
“eh ram kata Ari lu hari ini bawa motor”. Tanya Anton di lorong sekolah pas mau keluar menuju parkiran.
“iya tuh ton, motor baru doi”. Timpal Ari
“iya hehe, biar dapet cewe lah gue, masa bareng pak Yono mulu”. Jawab gue.
“berarti emang apes lu, hari pertama bawa motor malah mendung begini hahaha”. ledek Anton.
“yodeh lu kerumah gua dulu aja nyet, pasti keujanan kan lu inimah, noh liat daerah rumah lu udah gelap banget gitu”. Kata Ari sambil menunjuk ke arah daerah rumah gue.
“kagak dah ri, hari ini bokap nyokap balik, pengen balik cepet gue”. Tolak gue ke Ari.
“yaudah siap siap menerjang hujan dengan motor baru lu itu hahaha”. gantian Ari sekarang yg meledek gue.

Keluar sekolah kita bertiga berpisah. Anton saat itu nebeng Ari karena motornya lagi diservis katanya. Dan benar saja hujan turun setelah beberapa puluh meter keluar dari sekolah. Hujannya deras, gabisa gue terobos, malah bahaya takut kepeleset. Masa motor baru udah gue bikin rusak aja kan. Untungnya ga jauh dari tempat gue ke ujanan ada halte, berteduh lah gue disana walaupun seragam gue udah sedikit basah.
Halte tempat gue berteduh terlihat jelas kalo itu halte lama. Gue bisa ngeliat beberapa makhluk yg berdiam disana.
“Keliatannya aman, mereka ga ganggu”. Pikir gue.
 Selain makhluk penghuni asli halte gue juga ngeliat 3 orang perempuan yg keliatannya satu sekolah sama gue. Gue bisa tau karena hari ini hari jumat dan setiap hari jumat seragamnya adalah batik khas sekolah kami.
“hei”. Gue ngerasa ada yg nyolek dari belakang pas gue lagi ngusap ngusap baju seragam gue yg sedikit basah. Pikir gue penghuni sini aman-aman aja, taunya iseng juga nih.
“hei”. Sekali lagi gue ngerasa ada yg nyolek dari belakang tapi kali ini disertai dengan suara kecil memanggil. Gue coba nengok untuk liat makhluk yg dari tadi isengin gue.
“halo hehe”. Sejenak gue hampir mikir setan sekarang itu udah banyak yg operasi plastik ke korea kali yak. Bisa ada yg cakep gini juga.
“heh malah bengong lagi”. Sosok itu bersuara lagi dan membangunkan gue dari lamunan setan oplas. Sosok itu ternyata Nadya.
“loh kok bisa ada lu disini kak?”. Dengan sedikit terkejut karena ga menyangka ketemu Nadya ditempat begini.
“iya aku lagi nunggu angkot nih tapi dari tadi ga ada yg lewat”. Jelas primadona baru sekolah ini.
Gue masih asing aja ngobrol dengan orang pake Aku-Kamu, berasa kayak orang pacaran hehe.
“woalah naik angkot toh, emang rumahnya dimana kak?”. Tanya gue.
“aku di komplek Jayabaya, ehiya aku lupa deh nama kamu cuman inget kita pernah ngobrol didepan kamar mandi hehe maaf ya”. Ternyata nama simpel gue tidak membuat wanita yg rambutnya sedikit lepek ini mengingatnya.
“Rama kak, Rama”. Jawab gue sedikit lesu.
“ohiya Rama, 10-3 kan hehe”. jawabnya dengan suaranya yg lembut itu.
“nah itu inget, ehiya rumah kita searah loh kak”. Gue mencoba mengembalikan topik pembicaraan sebelumnya.
“ohiya? Emang dimana?”. Tanyanya.
“saya di komplek Prisma Harapan kak”. Jawab gue.
“wahh dimana itu ya? Aku belum terlalu paham daerah di sini hehe maaf ya”. Jawab Nadya
“pokoknya kalo pulang-pergi sekolah, pasti ngelewatin komplek kakak”. Jelas gue.
“oh begitu, kayaknya aku harus nanya banyak nih sama kamu soal daerah sini hehe”. Kata Nadya
“ya saya juga masih kurang tau daerah sini kak hehe, saya juga anak baru di sini hehehe”. Jelas gue sambil garuk-garuk kepala.
“loh kamu juga baru? baru pindah rumah apa pindah sekolah?”. Tanya Nadya.
“dua-duanya hehehe”. Jawab gue dengan kembali garuk-garuk kepala
“waaahhh sama sama anak baru dong kita ram”. Katanya sambil ngeliatin gue dengan bola mata coklat besarnya.
“iya kak hehehe”.

            Ga kerasa di halte tinggal kami berdua dan seorang tukang bakso cuanki yg baru datang berteduh. Orang yg tadi bersama kami ternyata mereka menunggu jemputan, bukan angkot. Hanya Nadya saja yg menunggu angkot di halte ini.
            “aduh angkot kok dari tadi ga ada yg lewat ya?”. Kata Nadya yg sepertinya ngomong ke diri sendiri dan gue hanya terdiam.
            “eneng nungguin angkot? Kirain lagi neduh sama pacarnya, angkot mah ga ada yg lewat neng, lagi pada demo semua tuh”. Kata abang cuanki yg sepertinya denger keluhnya Nadya.
Pacarnya? Yg bener aja bang masa gue pacaran sama cewe macam Nadya.
Yekali gue nolak hahahaha
            “wah pantesan dari tadi ga ada yg lewat, aduh gimana dong nih”. Kata Nadya yg sepertinya tidak memperdulikan kata kata ‘kirain lagi neduh sama pacarnya’.
            “kak mau bareng aja? Kan kita searah tuh?”. Dengan malu malu gue coba menawarkan tebengan dengan harapan siapa tau gue bisa pdkt dan menang taruhan sama mas Rio.
            “gapapa emang? Kamu nanti jadi bolak balik terus kan ujan juga”. Kata Nadya.
            “ya nunggu reda dulu, lagian ga bolak balik, kan searah”. Jelas gue.
            “hhmmm eh gausah deh, itu ada taksi. aku naik taksi aja, makasih ya udah nawarin, lain kali aku pasti nebeng, ohiya makasih juga udah nemenin ngobrol hehe dadah Rama baik”. Kata dia sebelum menyetop taksi yg lewat didepannya.
           
            Tanpa berkata kata gue cuman melambaikan tangan. Taksi sialan!. Itu umpatan gue ke taksi yg menggagalkan rencana gue yg sudah tersusun rapih dan hampir didukung oleh semesta ini. Gagal deh Iron Man mk II gue.


            Keadaan langit sudah mulai bersahabat. Sepertinya udah tinggal gerimis kecil aja. Gue langsung mengeluarkan jaket yg sebelumnya ga gue pake dan gue simpen di dalem tas.
            “hadeh apes dah, udah tinggal dikit lagi bisa nebengin primadona malah gagal gara gara taksi nongol”. Keluh gue pelan.
            “yah namanya juga hidup kang, ada aja apesnya. Dari rumah niatnya mau dagang, nyari rejeki malah digebukin supir demo”. Kata abang cuanki dibelakamg gue yg dari tadi nemenin gue disini.
            “hah di gebukin giman.....”. kata kata gue berhenti pas gue nengok kebelakang ternyata ga ada siapa siapa. Ga ada bekas gerobak pikul yg biasa dibawa abang cuanki. Padahal jelas jelas tadi ada abang cuanki yg bareng gue neduh sama Nadya. Terus kalo itu bukan manusia tapi Nadya juga tadi ngomong sama dia. Beberapa detik kemudian angkot lewat dan seperti biasa, banyak, masa angkot ikutan neduh juga.


Comments

Popular posts from this blog

Cerpen: Love is Blind

Disuatu negeri terdapat sebuah kerajaan yg rajanya amat adil dan bijaksana. Akan tetapi raja tersebut sedang sekarat dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya untuk menikah. Ketika mendekati ajal, sang raja akhirnya menemukan wanita yg tepat untuk menikah dengan anaknya. Singkat cerita menikahlah anak raja dengan wanita itu dan raja pun meninggal beberapa hari setelahnya.                    Kematian sang raja secara otomatis membuat sang pangeran naik takhta menjadi raja. Kerajaan pada saat itu mengalami masa yg sulit, disatu sisi mereka bergembira karena pernikahan sang pangeran, dilain sisi berkabung atas kematian raja yg adil.             Semua berjalan dengan sempurna sampai ternyata sang istri raja muda tersebut memiliki niat buruk kepadanya. Wanita tersebut ternyata menikah dengan sang raja karena keterpaksaan. Dia terpaksa menikah karena waktu itu orang tuanya miskin dan menginginkan anaknya dinikah kan, terlebih itu adalah permintaan sang raja. Ternyata wanita ters

RAMA: Siapa?

                       Ari dengan tampang ketakutannya langsung ngebut menuju gerbang sekolah. Jarak dari parkiran ke gerbang itu sekitar 100meter. Gue sepertinya ga akan cerita yg barusan gue liat, yg ada dia malah gaberani parkir disitu lagi. Setidaknya untuk waktu dekat.             “misi pak!”. Kami menyapa pak satpam yg tadi nyamperin gue di mushola dan dibalas dengan senyum oleh pak satpam.             Gue ngeliat sepertinya Ari sudah mulai tenang. Motor melaju ke rumah Ari tapi sebelumnya kami ke mini market dulu untuk beli cemilan. Lalu diperjalanan setelah dari mini market Ari tiba tiba ngomong                 “tadi lu ga liat apa-apa ram?”.             “ya menurut lu aja ri, yekali gua ga liat”. Jawab gue yg merasa seakan Ari bertanya seperti lupa kalo gue punya kemampuan buat berinteraksi.             “liat apaan aja lu ram? Monyet yg diceritain pak Nanto lu liat ga? Tampangnya kayak gimana?”. Ari terlihat   penasaran.             “mulai kayak A