Skip to main content

Cerpen: Love is Blind


Disuatu negeri terdapat sebuah kerajaan yg rajanya amat adil dan bijaksana. Akan tetapi raja tersebut sedang sekarat dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya untuk menikah. Ketika mendekati ajal, sang raja akhirnya menemukan wanita yg tepat untuk menikah dengan anaknya. Singkat cerita menikahlah anak raja dengan wanita itu dan raja pun meninggal beberapa hari setelahnya.      
            Kematian sang raja secara otomatis membuat sang pangeran naik takhta menjadi raja. Kerajaan pada saat itu mengalami masa yg sulit, disatu sisi mereka bergembira karena pernikahan sang pangeran, dilain sisi berkabung atas kematian raja yg adil.
            Semua berjalan dengan sempurna sampai ternyata sang istri raja muda tersebut memiliki niat buruk kepadanya. Wanita tersebut ternyata menikah dengan sang raja karena keterpaksaan. Dia terpaksa menikah karena waktu itu orang tuanya miskin dan menginginkan anaknya dinikah kan, terlebih itu adalah permintaan sang raja. Ternyata wanita tersebut telah memiliki kekasih dan mereka berdua saling cinta.
            Karena tidak ada cinta diantara wanita dan sang raja muda, akhirnya dia dan kekasihnya memutuskan untuk membuat rencana membunuh sang raja muda. Wanita tersebut bersiasat untuk menghunuskan pisau ke dada sang raja saat sedang tidur. Akan tetapi kebiasaan raja yg selalu tidur larut karena mengerjakan berbagai urusan rakyat membuat wanita tersebut selalu saja tidur lebih awal dibanding sang raja. Selanjutnya ia mencoba untuk membunuh sang raja dengan cara meracunnya, racun yg ia dapat dari kekasihnya dulu. Setelah membubuhkan racun ke makan malam sang raja, wanita itu merasa yakin bahwa malam ini raja akan terbunuh. Akan tetapi seorang penjaga kerajaan melaporkan ada seorang pengembara tua dan miskin meminta kebaikan hati sang raja untuk memberinya makan malam. Tanpa pikir panjang sang raja membawa makan malamnya untuk diberikan kepada pengembara tua tersebut. Gagal lagi rencana pembunuhannya istri raja.
            Keesokan hari gempar berita dipasar bahwa ada seorang pengembara tua yg mati dalam keadaan mengerikan. Mulutnya mengeluarkan busa dengan mata terbelalak dan kulit dipenuhi luka bakar yg berbau busuk. Berita tersebut tersebar sampai ke telinga raja dan ada gosip pengembara tersebut mati karena makanan yg diberikan raja setelah ada sisa makanan dengan perlengkapan makan milik raja.
            Rakyat mulai tidak percaya dengan kerajaan dan mengaggap raja yg sekarang pelit dan jahat. Setelah kejadian tersebut raja mulai jarang menampakkan dirinya dimuka umum seperti yg biasa ia lakukan saat sebelum dan sesudah kematian ayahnya. Pada kondisi seperti itu ternyata istri raja tetap tidak mengurungkan niatnya untuk membunuh sang raja, akan tetapi selalu saja gagal.
            Suatu hari istri dari raja tersebut jatuh sakit dan menyebabkan matanya buta serta lumpuh sekujur tubuhnya. Sang  raja pun memanggil semua dukun dan tabib hebat dari segala penjuru negeri akan tetapi tidak ada yg dapat menyembuhkannya. Sampai datang seorang tabib dari negeri timur mengatakan ada sebuah tanaman yg dapat menyembuhkan penyakit istrinya.
            Pergilah raja beserta prajuritnya mencari obat untuk istri yg amat dicintainya itu. Setelah berbulan bulan mencari sang raja sampai disuatu desa. Desa tersebut terlihat damai dan asri, penduduknya ramah dan terlihat sejahtera. Akhirnya raja memutuskan untuk menginap di desa tersebut beberapa hari sampai suatu hari sang raja berbincang dengan kepala desa tersebut. Kepala desa tersebut bercerita bahwa dahulu desa ini sangat suram dan dilanda kelaparan serta kekeringan sampai suatu hari datang seorang raja yg baik dan memberikan pengetahuan tentang bercocok tanam. Raja tersebut bercerita bahwa ia sedang mencari pendamping hidup untuk anak laki –laki semata wayangnya sampai akhirnya ia melihat anak kepala desa yg cantik juga baik dan meminta izin untuk menjadikannya menantunya. Pada saat itu sang raja muda merasa penasaran dan bertanya siapa raja hebat yg bisa membuat desa yg suram menjadi makmur seperti ini. Sang kepala desa berkata “dia adalah raja paling bijaksana, paling adil. Dia adalah ayahmu!”. Sang raja baru tersebut kaget mendengar perkataan kepala desa dan yg ternyata adalah ayah mertuanya. Setelah itu kepala desa menjelaskan tentang tanaman yg sang raja muda cari. Tanaman tersebut adalah tanaman langka dan memang hanya tumbuh didesa tersebut. Akhirnya sang raja bergegas pergi ke tempat dimana tanaman itu tumbuh.
            Diperjalanan rombongan raja dihadang oleh sekelompok bandit bertudung. Terjadilah pertempuran antara rombongan raja dengan gerombolan bandit tersebut. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh sang raja tanpa hambatan sedikitpun, semua bandit berhasil ditangkap beserta pemimpinnya. Saat dibuka tudung mereka para rombongan raja sadar bahwa bandit-bandit itu adalah pemuda-pemuda dari desa yg makmur tadi.
            Sang raja pun bertanya kepada pemimpin gerombolan itu mengapa mereka menyerang. Pemimpin gerombolan itu bercerita bahwa ia adalah kekasih terdahulu dari istri sang raja dan ia juga membeberkan cerita bahwa ia dan istri raja berencana untuk membunuh sang raja agar mereka bisa bersatu kembali. Ia mengatakan sang istri terpaksa menikahi raja karena permintaan orang tuanya setelah ayah dari sang raja membantu memakmurkan desanya. Sang istri adalah anak yg baik dan tidak rela mengecewakan orang tuanya, maka ia menuruti permintaan orang tua dan raja terdahulu untuk menikah dengan anaknya.
            Lalu sang raja pun mengatakan bahwa istrinya saat ini sedang sakit dan ia sedang mencari tanaman obat. Akan tetapi lelaki tersebut mengatakan bahwa ia sudah mengetahuinya dan sesungguhnya ia yg menyebabkan penyakit istrinya tersebut. Salah satu jendral kerajaan yg tidak percaya dengan semua omongan lelaki tersebut berniat menghunuskan pedang ke lelaki tersebut akan tetapi ditahan oleh sang raja dan bermaksud mebiarkan lelaki tersebut melanjutkan ceritanya. Lelaki tersebut bercerita ia datang langsung kekerajaan untuk meracuni sang raja karena ia merasa kekasihnya terlalu lama untuk membunuh sang raja dan ia sudah tidak tahan untuk kembali bersatu dengan kekasihnya. Akan tetapi racun yg ia berikan malah salah sasaran dan menyebabkan sang kekasih jatuh sakit. Dan lelaki itu sudah memberikan penawarnya saat sang raja diperjalanan dan ia mengatakan kekasihnya pasti sudah sembuh. Setelah mendengar semua cerita tersebut sang raja memerintahkan untuk melanjutkan perjalanan dan melepaskan mereka semua. Diperjalanan raja memerintahkan untuk menutup rapat tentang kejadian tersebut.
            Sesampainya di istana sang raja disambut oleh istrinya yg terlihat sudah sehat. Pada titik ini raja memiliki keyakinan bahwa cerita lelaki di desa tadi tidak berbohong Sang raja sudah mengetahui semuanya tentang istrinya. Ia tidak rela untuk melepas istri yg amat ia cintai. Sampai suatu malam setelah pesta dengan rakyat atas kesembuhan ratunya, sang istri memberikannya secangkir teh hangat. Sang raja yg begitu mencintai istrinya tau bahwa itu adalah teh terakhirnya, malam itu adalah terakhir ia melihat rakyatnya, terakhir ia melihat jendral-jendral kepercayaannya, terakhir melihat istri tercintanya. Dengan menatap istrinya sang raja meminum tehnya, sebelum racunnya bereaksi sang raja mengecup kening ratunya dan mengatakan “aku mencintai mu”. Dan itu adalah malam terakhirnya.

Comments

Popular posts from this blog

RAMA: Siapa?

                       Ari dengan tampang ketakutannya langsung ngebut menuju gerbang sekolah. Jarak dari parkiran ke gerbang itu sekitar 100meter. Gue sepertinya ga akan cerita yg barusan gue liat, yg ada dia malah gaberani parkir disitu lagi. Setidaknya untuk waktu dekat.             “misi pak!”. Kami menyapa pak satpam yg tadi nyamperin gue di mushola dan dibalas dengan senyum oleh pak satpam.             Gue ngeliat sepertinya Ari sudah mulai tenang. Motor melaju ke rumah Ari tapi sebelumnya kami ke mini market dulu untuk beli cemilan. Lalu diperjalanan setelah dari mini market Ari tiba tiba ngomong                 “tadi lu ga liat apa-apa ram?”.             “ya menurut lu aja ri, yekali gua ga liat”. Jawab gue yg merasa seakan Ari bertanya seperti lupa kalo gue punya kemampuan buat berinteraksi.             “liat apaan aja lu ram? Monyet yg diceritain pak Nanto lu liat ga? Tampangnya kayak gimana?”. Ari terlihat   penasaran.             “mulai kayak A

RAMA: Halte Hujan

            “terus-terus lu udah ngobrol lagi sama dia?”. Tanya mas Rio dengan semangat sambil mengunyah chicken wingsnya.             “belom lah mas, baru   ketemu sekali tadi siang”. Jawab gue. Gue sama mas Rio lagi ngomongin cewe cantik yg tabrakan sama gue tadi siang, Nadya. Dia keliatan excited banget karena mungkin ini pertama kalinya gue cerita tentang cewe ke dia.             “pokoknya gue gamau tau besok cewe pertama yg lu gonceng pake motor baru lu harus dia!”. Mas Rio merintah gue seenaknya macam gue anak buahnya.             “lah mas baru sekali kenalan masa tiba-tiba udah ngajak bareng, lagian kayaknya sulit deketinnya, udah banyak yg ngincer, primadona baru dia disekolah”. Jawab gue             “nah ini nih, mental begini yg bikin lu ga bisa masuk tentara, belom perang udah mundur duluan”. Jawab mas Rio yg sudah selesai porsi pertama makananya dan lanjut porsi kedua.             “yah iya sih mas, tapi gimana, masih ga berani gue”. Jawab gue dengan lesu.