Skip to main content

RAMA: Masa lalu yang Cantik




            “hahaha mayan dah gue dapet gocap buat beli bensin besok”. Tawa Ari lepas sambil ngeledek gue.


            Liverpool kalah 2-1. Tim kesayangan gue itu memang tidak dalam performa terbaiknya dan masih dalam keadaan berdukanya setelah Steven Gerrard memutuskan untuk pensiun musim lalu. MU memang klub yg kuat walaupun saat ini juga klub itu sedang mengalami krisis pelatih sepeninggal Sir Alex dari klub itu.

            “iyedahh emang busuk banget tadi Liverpool mainnya, besok yak gocapnya”. Gue tertunduk lesu dan sedikit kesal liat tampang ngeledek Ari.
            “hahaha siap gan, yodeh tidur yuk udah sepet ini mata gue, lagian nasib emang jadi fans klub eropa di asia, tiap mau nonton tim kesayangan pasti mainnya malem kalo ga pagi banget”. Keluh Ari.
            “ya mau gimana ri, namanya juga fans layar kaca hahaha”.


            Malam itu gua tidur dengan nyenyak pada awalnya. Tapi gue terbangun, gue liat jam dikamar Ari jarum jam menunjukkan jam 03.03, berati baru sejam gue tidur dari abis nonton bola tadi. Gue nengok ke Ari, keliatannya dia belum tidur, kayak masih tidur-tiduran.

            “ri, belom molor lu?”. Tanya gue.
            “gimana gua bisa tidur, lu dari tadi ngigo ngomong pake bahasa jawa, nje mbah, nje mbah, terus ngomong kromo inggil yg gue ga ngerti artinya”.


Gue ngomong bahasa jawa?. Walaupun bokap sama nyokap gue itu orang jawa tapi gue gabisa ngomong jawa dan cuman nyokap aja yg jawanya masih kentel dan nyokap gapernah ngomong pake bahasa jawa ke anak-anaknya, paling kalo ngobrol sama temen kampungnya aja. Apalagi kromo inggil, setau gue itu bahasa jawa alus yg udah pasti gue gabisa, jawa biasa aja kagak bisa apalagi jawa gituan.

            “ah yg bener lu? Lu kan tau gue gabisa bahasa jawa, cuman ngerti aja dikit-dikit”. Gue keheranan.
            “iyak, berisik banget, malah sempet kayak lu ketakutan terus ceramah gitu, ngimpi apaan emang lu?”. Ngimpi? Seinget gue kayaknya gue ga ngimpi apa apa.
            “kagak ah, gue tidur ga ngimpi apa-apa”. Masih dengan keheranan.
            “terus lu ini ngape bangun?”. Ari penasaran
            “gatau, kebangun aja gue”
            “yaudah gue mau tidur, jangan ngigo lagi lu besok pelajarannya Pak Mino, rese dia”. Ari membelakangi gue dan bersiap untuk tidur.


Ngomong jawa? Ketakutan? Ceramah? Yekali dah.


            Besok paginya kita berdua sampe sekolah dengan wajah kurang tidur dan masih mengantuk akibat nonton bola dan cuman tidur kurang dari 3 jam, bahkan tadi pagi waktu mau berangkat sekolah Ari hampir nabrak tukang sayur jadi tadi gue yg bawa motornya walaupun gue juga ngantuk dan syukurnya kami sampe sekolah dengan selamat.


            Brak!!! “woi gembel ngantuk amat”. Anton yg baru datang langsung menggebrak meja kami dan membuat gue sama Ari kebangun dan sedikit kesal.
            “ram Liverpool kalah yak hahahaha”. Ledek Anton sambil nyenggol pundak gue. Anton pagi ini kayaknya emang mau menguji gue. Orang kurang tidur, meja digebrak, ngeledek tim gue lagi, sabar sabar.
            “hhhhhmmmmmmmm”. Gue jawab sambil males malesan.


            Pagi itu mata pelajaran pertama gamasuk dan gue habiskan dengan tidur di meja, sedangkan Ari dengan cueknya tidur dibelakang kelas terus dia gelar jaket sebagai alas dan make tas buat jadi bantalnya.

Pas gue tidur gue mimpi aneh. Gue masih ada di sekolah dan sekolah dalam keadaan biasanya, Ari tidur dibelakang, Anton lagi becanda sama temen-temen yg lainnya, dan yg anehnya gue juga bisa liat diri gue yg lagi tidur. Tanpa gue sadari ternyata dimimpi itu gue lagi terbang. Gue keluar kelas, melayang ke lorong kelas dan disana gue lihat ada cahaya putih yg berbentuk kayak manusia, seorang cewe, tapi dibelakang cahaya itu ada beberapa makhluk yg sangat amat jelek bentuknya menurut gue, mereka ngikutin cahaya itu tapi seperti ga berani mendekat. Sedetik kemudian gue seperti ditarik ke atas, menjauh dari sekolah, dan tiba-tiba gue berada ditengah pasar, tapi pasar itu aneh. Kenampakannya ga seperti pasar yg biasa gue liat, orang orangnya pun aneh. Pasar itu terdiri dari gubuk-gubuk beratap daun kelapa kering yg dianyam, orang-orang disana pun ga kayak zaman sekarang, wanitanya memakai kemben dan laki lakinya memakai celana hitam lalu sebagian besar lelakinya banyak yg bertelanjang dada.

Mereka beraktifitas seperti biasa, dari aktifitasnya ga ada yg aneh. Tapi mereka seperti ga menyadari keberadaan gue, dan gue masih heran tempat apa ini? Apa gue ditarik kembali ke zaman dulu?. Tiba-tiba datang segerombolan orang berkuda dan dibelakangnya diikuti kereta kuda yg sepertinya didalam kereta itu ada seseorang.

Saat kain yg menjadi pintu kereta tersebut dibuka keluar lah seorang wanita. Pakaiannya berbeda dengan wanita kebanyakan disini, terlihat lebih mewah. Cantik, itu yg terbesit pertama kali dipikiran gue. Wanita itu sepertinya berumur ga jauh dengan gue. Setelah wanita tersebut turun gue melihat semua orang yg ada dipasar itu berlutut dan menunduk sama dia. Siapa wanita ini? Kenapa semua orang memberi hormat sama dia? Setelah wanita itu ada seseorang lagi yg mengekor setelahnya. Seorang lelaki paruh baya. DEG!. Lelaki itu mirip sekali dengan kakek yg gue liat dirumah Ari, hanya saja dia terlihat lebih muda beberapa tahun.
Tiba-tiba tubuh gue tergunjang, ditarik lagi gue kembali tubuh gue kesekolah.


“RAMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!”. Suara cempreng memekakan kuping gue. Gue terbangun dan ternyata Cindy temen kelas gue yg dari tadi yg mengguncangkan badan gue dan teriak dikuping gue.
“HAH?! APAAN? KENAPA?”. Gue bangun dengan terkejut dan Cindy pun terlihat kaget juga ngeliat gue.
“apaan sih cin teriak-teriak dikuping”. Gue agak sedikit kesal.
“itu tadi Ari, Anton sama anak-anak yg lain pada ke kantin, lu ga ikutan? Kesana yuk, gue juga laper”. Dengan manjanya dia minta temenin gue ke kantin.
“yaelah kirain apaan, lagian emang udah istirahat apa? Orang gue aja baru tidur sebentar”. Jawab gue dengan nada ngeluh
“mana ada sebentar, tadi mapel pertama sama kedua ga ada guru sekarang udah istirahat ramaaa”. Masih dengan nada manjanya.
“lah emang iya?” gue ngeliat jam di hp gue. “lahiya, gakerasa loh, yaudah yuk”. Gue sama Cindy langsung jalan ke kantin nyamperin yg lain

Cindy ini orangnya baik, cantik, agak imut dan agak tomboy tapi kadang nyebelin. Di kelas dia emang mainnya lebih sering sama anak-anak cowo. Kata dia males kalo nongkrong sama cewe, banyak dramanya, terus kalo cerita ke satu langsung nyebar ke semua.
Dijalan menuju kantin Cindy cerita katanya ada anak baru, tapi kakak kelas.

“ram lu tau ga ada anak baru loh”. Dengan nada yg mencoba bikin gue penasaran.
“cantik ga? Kalo cantik baru gue kepo”. Gue sambil ngeledek.
“orang cowo sih yeee”. Jawab Cindy dengan muka ngegemesinnya.
“yaelah, kalo laki mah gausah cerita ke gue cin”. Males gue kalo laki, masa jeruk makan jeruk.
“hahaha cewe kok, makanya ini anak-anak pada langsung ke kantin sekalian lewat kelasnya, pada penasaran katanya”.
“ah serius? Yaudah kita lewat kelasnya dia yuk hahaha”. gue pura pura bersemangat
“aahh lu sama aja kayak yg lain, nanti aja ah, langsung ke kantin aja gue udah laper banget ini”. Dengan jawaban manjanya dan dengan lemahnya gue gabisa nolak permintaan wanita yg hari ini mencepol rambutnya.
“yaelah yaudah deh”. Jawab gue lesu

Dikantin udah ada Ari, Anton dan anak-anak yg lain, keliatannya lagi ngomongin cewe. Dari jauh terdengar obrolan mereka tentang cewe ini.

“bisa ada cewe secakep itu jirr masuk sekolah sini”. Kata Ari sambil menunjukan ekspresi takjubnya.
“parah ri, kalah turun tahta kak Lily sebagai cewek tercantik disekolah”. Sahut Rian salah satu teman kelas gue.
“Ramaaaaaa teman seperbangkuanku yg sedang berduka karena timnya kalah, apakah dirimu sudah melihat bidadari yg turun dari kayangan dan memutuskan menimba ilmu di sekolah ini?”. Ari yg sadar kedatangan gue langsung menyapa gue dengan nada sok puitisnya.
“apaansi lu gembel, tau tau langsung sok puitis tapi pake ngeledek”. Balas gue dengan sedikit kesal.
“udah liat kakak kelas kita yg baru belum lu ram? Cakep banget gilak”. Sahut Maman temen kelas gue yg lain.
“denger sih udah, cuman tadi pas gue penasaran mau lewat deretan kelas 11 udah keburu ditarik duluan sama ono noh”. Sambil nunjuk ke arah Cindy yg sedang memesan mie ayam bang Makmur.
“Cindy itu sebenernya cakep, imut, cuman kadang suka serem aja kalo sifat lakinya keluar”. Tiba-tiba Ari ngomongin Cindy.
“heh!!” Cindy noyor kepala Ari. “lu ngomongin gue yak, pake nunjuk nunjuk segala lu”. Masih dengan wajah kesal tapi imutnya.
“nah yg begini nih yg bikin ilang semua nilai plusnya”. Ari balas dengan terlihat sedikit kesal dan dibalas dengan tawa kami yg ada disana.


Sekarang jam pelajaran bu Siska. Setelah makan dikantin tadi kami langsung bergegas masuk kelas karena bel sudah berbunyi. Dikantin Ari dan yg lain terus membahas tentang kakak kelas baru yg cantik banget katanya. Gue? Gue cuman duduk nyimak mereka sambil makan ketoprak pedes yg bikin gue mules dari tadi bel masuk kelas.

“kampret ri, perut gue mules ini gara-gara makan ketoprak pedes banget tadi”. Keluh gue sama Ari
“si bangsat berarti dari tadi gua nyium bau gas beracun dari lu”. Ledek Ari yg sebenernya bahkan dia ga nyium apa-apa.
“mana ada, kentut aja kagak gue”. Sambil menahan dan megangin perut.
“yaudah sono lu ke kamar mandi, nanti buang hajat disini malunya seumur idup lu hahaha”. masih dengan ledekan ditambah tawa menyebal kan Ari.
“bu!”. Kata gue dengan tangan kiri memegang perut dan tangan kanan mengangkat ke udara.
“iya Rama ada apa?”. Tanya bu Siska.
“saya izin ke belakang bu”. Kali ini gue tambah dengan muka menahan mules
“loh kenapa kamu? mules? Yasudah langsung ke kamar mandi sana, bahaya kalo keluar disini”. Kata bu Siska.
“I-i-iyaa bu terima kasih”. Langsung gue lari tanpa pikir panjang dan diikuti dengan gelak tawa teman-teman gue dikelas.


“aaaaaahhhhhhh, kampret ini mang Uci, ngasih cabe kebanyakan, hampir aja gue kacipirit kan”. Pikir gue sesampainya di dalam WC.
“eh lu tau ga anak pindahan IPA 2 yg baru pindah? Tadi gua liat anjir cakep parah, putih, mulus, langsing, rambutnya juga bagus”.
“oohh yg pindahan dari Solo? Iya cakep anjir tadi gue liat dari jauh. Dari jauh aja cakep gimana dari deket yak”.
Samar-samar ada pembicaraan dua orang yg sepertinya lagi ngomongin cewe yg dari tadi diomongin anak-anak di kantin. Jadi makin penasaran gue.


            “sial jadi basah gini kan celana”. Keluh gue dalem hati gara-gara tadi buka keran sedikit tapi pas keluar airnya kenceng banget. Gue keluar sambil mengusap ngusap celana di sekitar area selangkangan. Brukk!. Karena gue jalan sambil nunduk ga sengaja gue tabrakan dengan seseorang. Didepan gue langsung banyak buku berserakan. Pas gue mau ambil ga sengaja gue baca “11 IPA 2 Nadya Rahajeng K”.

            “waduh maaf ya kak maaf, tadi saya nunduk terus ga liat kakak”. Sambil gue ngambilin bukunya dan noleh keatas. Disana gue ngeliat seorang cewe dengan tatapan berbinar, ekspresiny kaget dan agak ketakutan. Seseorang yg sepertinya baru gue liat disekolah ini. Cantik, itu yg pertama kali terbesit dipikiran gue.


Comments

Popular posts from this blog

Cerpen: Love is Blind

Disuatu negeri terdapat sebuah kerajaan yg rajanya amat adil dan bijaksana. Akan tetapi raja tersebut sedang sekarat dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya untuk menikah. Ketika mendekati ajal, sang raja akhirnya menemukan wanita yg tepat untuk menikah dengan anaknya. Singkat cerita menikahlah anak raja dengan wanita itu dan raja pun meninggal beberapa hari setelahnya.                    Kematian sang raja secara otomatis membuat sang pangeran naik takhta menjadi raja. Kerajaan pada saat itu mengalami masa yg sulit, disatu sisi mereka bergembira karena pernikahan sang pangeran, dilain sisi berkabung atas kematian raja yg adil.             Semua berjalan dengan sempurna sampai ternyata sang istri raja muda tersebut memiliki niat buruk kepadanya. Wanita tersebut ternyata menikah dengan sang raja karena keterpaksaan. Dia terpaksa menikah karena waktu itu orang tuanya miskin dan menginginkan anaknya dinikah kan, terlebih itu adalah permintaan sang raja. Ternyata wanita ters

RAMA: Siapa?

                       Ari dengan tampang ketakutannya langsung ngebut menuju gerbang sekolah. Jarak dari parkiran ke gerbang itu sekitar 100meter. Gue sepertinya ga akan cerita yg barusan gue liat, yg ada dia malah gaberani parkir disitu lagi. Setidaknya untuk waktu dekat.             “misi pak!”. Kami menyapa pak satpam yg tadi nyamperin gue di mushola dan dibalas dengan senyum oleh pak satpam.             Gue ngeliat sepertinya Ari sudah mulai tenang. Motor melaju ke rumah Ari tapi sebelumnya kami ke mini market dulu untuk beli cemilan. Lalu diperjalanan setelah dari mini market Ari tiba tiba ngomong                 “tadi lu ga liat apa-apa ram?”.             “ya menurut lu aja ri, yekali gua ga liat”. Jawab gue yg merasa seakan Ari bertanya seperti lupa kalo gue punya kemampuan buat berinteraksi.             “liat apaan aja lu ram? Monyet yg diceritain pak Nanto lu liat ga? Tampangnya kayak gimana?”. Ari terlihat   penasaran.             “mulai kayak A

RAMA: Halte Hujan

            “terus-terus lu udah ngobrol lagi sama dia?”. Tanya mas Rio dengan semangat sambil mengunyah chicken wingsnya.             “belom lah mas, baru   ketemu sekali tadi siang”. Jawab gue. Gue sama mas Rio lagi ngomongin cewe cantik yg tabrakan sama gue tadi siang, Nadya. Dia keliatan excited banget karena mungkin ini pertama kalinya gue cerita tentang cewe ke dia.             “pokoknya gue gamau tau besok cewe pertama yg lu gonceng pake motor baru lu harus dia!”. Mas Rio merintah gue seenaknya macam gue anak buahnya.             “lah mas baru sekali kenalan masa tiba-tiba udah ngajak bareng, lagian kayaknya sulit deketinnya, udah banyak yg ngincer, primadona baru dia disekolah”. Jawab gue             “nah ini nih, mental begini yg bikin lu ga bisa masuk tentara, belom perang udah mundur duluan”. Jawab mas Rio yg sudah selesai porsi pertama makananya dan lanjut porsi kedua.             “yah iya sih mas, tapi gimana, masih ga berani gue”. Jawab gue dengan lesu.