Skip to main content

RAMA: Parkiran Hutan






    



        Kali ini gue mau cerita pertemuan gue pertama kali sama Ari beserta pengalaman gue pas lagi bareng dia. Nama lengkap dia Satrio Sastrodewo. Pertama kali gue ketemu sama dia gue ngeliat ada suatu aura warna merah yg cukup terang, ya Ari orang yg bersemangat dan keliatannya amat sangat menikmati kehidupan. Di kelas dia cukup aktif tapi bukan aktif secara akademis, dia aktif secara sosial. Dia bisa ngobrol dengan siapapun dikelas dan cocok-cocok aja. Tapi aura bukan satu satunya yg gue liat waktu pertama ketemu. Gue liat ada beberapa prajurit kerajaan jawa yg merhatiin dia dari kejauhan. Gue masih gatau mereka siapa dan kenapa merhatiin Ari, yg jelas mereka bukan merhatiin karena ingin berbuat jahat tapi lebih kayak menjaga. Saat itu gue pikir mungkin dia masih keturunan kerajaan, mungkin.

            “woi ram, gue Ari, selamat menjadi pusat perhatian karena lu bisa duduk disebelah gue”. Sapa Ari yg waktu itu gue habis memperkenalkan diri di kelas baru ini.
            “banyak gaya lu, kan emang yg kosong cuman sebelah lu doang gembel”. Suara wanita yg cukup halus tapi terdengar ketus dari belakang terdengar, itu Cindy.
            “ohiya makasih yak, gue Rama, salam kenal ya hehe”.
Setelah hari itu kita jadi lebih akrab, dan karena gue berteman sama Ari otomatis gue jadi lebih gampang kenal sama siswa lain di sekolah ini.

            Hari ini gue berencana buat nginep dirumah Ari. Nyokap gue pergi keluar kota selama tiga hari buat nyamperin bokap.
            “nyet lu jadi nginep rumah gua? Kalo jadi nanti baliknya ke mini market dulu yak, buat ntar malem bekel nonton bola ntar malem, taruhan gak? hahaha”. Ari sudah dateng duluan di kelas pagi itu dan nanti malam adalah big match MU lawan Liverpool kesayangan gue.
            “lah ga ada ngeri-ngerinya lu ngajak taruhan gue, gocap-gocap ye?”. Gue yg pudlian garis keras gapernah nolak kalo ada yg nantang taruhan, apalagi seorang fans MU macam Ari. Harga diri coyyy. Hahaha
            “deal!!!” Ari menjawab dengan semangat.

            Hari itu kami menjalani sekolah dengan biasanya tapi ada satu hal yg membebani kami, ternyata bu Andri memberikan tugas MTK yg cukup banyak. Gue nengok ke Ari pas bu Andri ngasih tugas, mukanya keliatan lesu campur kesel hahaha. Sorenya gue pun balik kerumah Ari tapi sebelumnya gue nunggu pak Yono yg gue mintain tolong bawain seragam sekolah sekalian baju ganti soalnya tadi pagi gue lupa bawa hehe.
            “ri nanti tunggu bentar dulu yak, gue lupa bawa baju ganti buat besok, masa besok gue sekolah make seragam batik hari ini, tadi sih gue udah nelfon pak Yono buat minta tolong nganterin”
            “yodeh kalem”. Jawab Ari
Sore itu gue sama Ari sama Anton juga nunggu disekolah. Anton masih males pulang katanya masih pengen nongkrong dulu nemenin kita.
            “to lu ikut kagak nginep rumah Ari?”. Gue coba nawarin Anton.
“pengen sih ram cuman kayaknya gaboleh sama nyokap, lagian bokap lagi mudik nenek gua sakit, dirumah cuman ada nyokap sama adek gue doang, kagak ada laki”. Jawab Anton dengan sedikit lesu.
Tiba-tiba Ari yg lagi beli es teh teriak “yaahh lu gabisa liat muka kicep Rama yg nanti malem bakal kalah sama MU!!! hahaha”
            “bangsat juga anda, liat aja nanti malem nyet”. Jawab gue sambil teriak juga.

            Hari sudah mulai menggelap, tapi pak Yono belum dateng juga, Anton juga udah pamit pulang duluan. Dihadapan kami cuman ada anak-anak ekskul futsal yg lagi beres beres mau pulang.
            “ram mana pak Yono, lama amat. Suruh langsung kerumah gua aja biar kita langsung caw sekarang” Ari sudah keliatan ga sabar nunggu.
            “tadi sih gue udah nelfon pak Yono tapi ga diangkat, pas gue nelfon rumah kata si mba hpnya pak Yono ketinggalan, tungguin aja udeh bentar lagi.

            Adzan maghrib berkumandang. Hari sudah gelap. Pak Yono belum datang juga. Sebenernya gue udah ga betah juga lama-lama disekolah jam segini, soalnya udah mulai banyak yg ngeliatin. Akhirnya kami memutuskan buat nunggu di mushola sekolah sekalian sholat maghrib dulu.
Setelah sholat kami duduk dipelataran masjid yg menghadap langsung ke bangunan sekolah tiga lantai itu.

            “mas kok belum pulang jam segini?, sudah sepi, guru-guru sama murid-murid sudah pada pulang loh”. Tanya pak satpam sekolah yg nyamperin kami.
            “iya pak sebentar lagi ya, saya lagi nunggu supir saya mau nganter baju. Saya mau nginep di rumah dia”. Sambil saya menunjuk ke Ari yg baru balik dari kamar mandi.
            “yasudah, jangan lama lama ya mas, sekolah sini kalo sudah gelap hawanya gaenak”
            “hehe iya pak” gatau aja pak satpam kalo gue dari tadi juga udeh diintipin dari ruang guru.
            “diusir kita?”. Tanya Ari
            “kagak, ditanyain doang ngapain jam segini masih disekolah”


“tintin!!”. Suara klakson mobil yg dibawa pak Yono menandai selesainya penantian kami
            “lama amat pak nyampenya”. Gue coba menanyakan alasan kenapa pak Yono segitu lamannya, padahal perjalanan dari rumah ke sekolah biasanya ga sampe 30 menit.
            “iya mas maaf ya tadi bannya bocor jadi saya ganti ban dulu, terus tadi mau ngabarin mas taunya hp saya ketinggalan mas hehe”. Dengan wajah yg seperti orang yg gaenak pak Yono menjelaskan.
            “iya pak gapapa, yaudah saya malem ini nginep dirumah temen saya dulu ya pak, bapak sama si mba jaga rumah dulu ya”
            “iya mas”.


Gue kembali nyamperin Ari, pas gue dateng mukanya agak aneh. Keliatan bingung plus agak ketakutan.
            “napa lu nyet?”. Gue juga keheranan ngeliat raut mukanya Ari.
            “gue lupa nyet, motor masih diparkiran hutan lupa gue pindahin, lu tau kan cerita parkiran hutan kalo udah gelap”. Perkataan Ari membuat gue mencoba mengingat ngingat lagi cerita tentang parkiran hutan.


Pak Nanto seorang cleaning service disekolah kami pernah cerita waktu kami lagi nongkrong didepan kelas bareng anak cowo yg lain tentang parkiran hutan. Pernah ada salah satu murid anak basket yg pulang telat dan ngambil motor sendirian di parkiran hutan. Murid itu ngeliat diatas motornya ada monyet, tapi monyet itu berwarna putih. Dari apa yg gue liat disana emang parkiran hutan itu kayak sarang dari mereka. Sebenernya mereka ga ganggu, mereka menampakan diri karena memang mau gelap dan kalau kalian tau pada kalo maghrib pas warna langit lagi jingga-jingganya pada saat itulah batas antara dunia kita dan dunia makhluk halus menjadi tipis, makanya orang tua zaman dulu suka ngelarang anak-anaknya keluar pas maghrib.



Balik lagi ke cerita murid yg tadi mau ngambil motor. Walhasil murid itu memberanikan diri buat ngambil motor diparkiran. Pas sampe diparkiran, dia ga liat monyet-monyet yg tadi dia liat dari jauh, merasa aneh dia pun mencoba ngeliat sekitar. Nengok kanan, ga ada yg aneh. Negok kiri, masih ga ada juga. Tiba tiba dia ada suara “kresek!” dari atas pohon dan daun daun pun berjatuhan diatas kepalanya. Degdegan, dia belum berani nengok ke atas. Dia terlebih dulu naik keatas motornya, masukin kunci motornya, menyalakan mesin motornya. Sebelum jalan dia baca-baca doa terlebih dahulu. “bismillah!” dia nengok keatas!. Ga ada apa-apa. Dengan perasaan lega dia mulai menancap gas. Tapi sebelum menancap gas dari serong kirinya terdengar lagi suara “kresek!” dari atas pohon. Dia yg waktu itu reflek nengok tanpa sengaja liat sepasang mata yg bersinar berwarna merah. Itu salah satunya monyet yg dia liat tadi!!. Dari kejauhan mereka hanya terlihat seperti monyet biasa dengan bulu berwarna putih. Tapi monyet yg dia liat saat itu berbeda. Monyet itu memiliki kepala seorang bayi. Kalau kalian tau topeng bayi yg biasa dipakai di video-video prank orang luar negri seperti itulah tampang mereka. Dengan keadaan terkejut dia reflek langsung tancap gas kabur dari parkiran itu.
           
“heh nyet bengong lagi, gimana nih? Minta temenin satpam aja apa?”. Ari menyadarkan gue yg ternyata dari tadi lagi bengong.
            “terus nanti kita dari parkiran ke gerbang boti gitu? Mana muat, lu tau kan perutnya satpam macung begitu”. Gue mencoba menolak saran Ari. “udeh kita bedua aja, lu sambil baca-baca, lagian mereka ga ganggu kok”
            “serius lu? Kalo kenapa-napa lu tanggung jawab yak?!”. Tanya Ari masih dengan raut takutnya.
            “iye bawel, hayuk ah keburu kemaleman, udeh laper gue”


Kami pun berjalan menuju menuju parkiran hutan. Gue udah liat beberapa monyet itu ngintip-ngintip dari balik pohon. Asli mukanya kayak bayi, tapi bukan bayi yg imut lucu nan ngegemesin, ini lebih mirip bayi jelek yg lagi nangis ngambek.
            “ram aman kan?”. Beberapa meter sebelum sampe parkiran Ari memastikan ke gue.
            “aman ri”. Gue coba meyakinkan Ari.


Kita sampai dimotor. Kami naik keatas motor. Kunci motor sudah dimasukan. On. Mesin motor sudah nyala dan Ari sudah pakai helm.
            “RAM!!”
            “apaansi lu ngagetin”. Sambil gue ngeplak helmnya Ari.
            “apaansi gembel ngeplak ngeplak”. Ari keliatan kesal helm yg berisi kepalanya itu gue keplak.
            “lu ngapain manggil manggil tereak tereak kampret!”
            “jangan nakut nakutin su! Gua dari tadi diem!”. Dengan raut kesal dan takut Ari yg keliatan dari spion kanannya.
            “yaudah ayok jalan aja, keburu malem”. Gue mencoba mengalihkan. Sebelum motor jalan gue mencoba nengok kebelakang. Ada sosok putih dipojok tembok belakang parkiran putih. Besar. Tapi sosok itu ga membentuk manusia. Gue coba naik melihatnya makin ke atas, makin tinggi, makin tinggi, dan terhalang rimbunnya pohon. Gue turunkan lagi penglihatan gue, makin jelas. Itu bukan bagian keseluruhan dari sosoknya. Warna putih itu adalah bulu, bulu yg sangat lebat. Pas gue penglihatan gue udah sampe bawah makin jelas lah penampakannya.
.
.
.
.
.
.
.
. Ternyata yg dari tadi gue lihat itu kaki. Kaki berbulu lebat berwarna putih. Kaki yg lebih mirip kaki primata. Kaki  yg amat sangat besar sampe sampe gua gabisa lihat wujud keseluruhan makhluk itu. Kaki monyet. Atau?.

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen: Love is Blind

Disuatu negeri terdapat sebuah kerajaan yg rajanya amat adil dan bijaksana. Akan tetapi raja tersebut sedang sekarat dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya untuk menikah. Ketika mendekati ajal, sang raja akhirnya menemukan wanita yg tepat untuk menikah dengan anaknya. Singkat cerita menikahlah anak raja dengan wanita itu dan raja pun meninggal beberapa hari setelahnya.                    Kematian sang raja secara otomatis membuat sang pangeran naik takhta menjadi raja. Kerajaan pada saat itu mengalami masa yg sulit, disatu sisi mereka bergembira karena pernikahan sang pangeran, dilain sisi berkabung atas kematian raja yg adil.             Semua berjalan dengan sempurna sampai ternyata sang istri raja muda tersebut memiliki niat buruk kepadanya. Wanita tersebut ternyata menikah dengan sang raja karena keterpaksaan. Dia terpaksa menikah karena waktu itu orang tuanya miskin dan menginginkan anaknya dinikah kan, terlebih itu adalah permintaan sang raja. Ternyata wanita ters

RAMA: Siapa?

                       Ari dengan tampang ketakutannya langsung ngebut menuju gerbang sekolah. Jarak dari parkiran ke gerbang itu sekitar 100meter. Gue sepertinya ga akan cerita yg barusan gue liat, yg ada dia malah gaberani parkir disitu lagi. Setidaknya untuk waktu dekat.             “misi pak!”. Kami menyapa pak satpam yg tadi nyamperin gue di mushola dan dibalas dengan senyum oleh pak satpam.             Gue ngeliat sepertinya Ari sudah mulai tenang. Motor melaju ke rumah Ari tapi sebelumnya kami ke mini market dulu untuk beli cemilan. Lalu diperjalanan setelah dari mini market Ari tiba tiba ngomong                 “tadi lu ga liat apa-apa ram?”.             “ya menurut lu aja ri, yekali gua ga liat”. Jawab gue yg merasa seakan Ari bertanya seperti lupa kalo gue punya kemampuan buat berinteraksi.             “liat apaan aja lu ram? Monyet yg diceritain pak Nanto lu liat ga? Tampangnya kayak gimana?”. Ari terlihat   penasaran.             “mulai kayak A

RAMA: Halte Hujan

            “terus-terus lu udah ngobrol lagi sama dia?”. Tanya mas Rio dengan semangat sambil mengunyah chicken wingsnya.             “belom lah mas, baru   ketemu sekali tadi siang”. Jawab gue. Gue sama mas Rio lagi ngomongin cewe cantik yg tabrakan sama gue tadi siang, Nadya. Dia keliatan excited banget karena mungkin ini pertama kalinya gue cerita tentang cewe ke dia.             “pokoknya gue gamau tau besok cewe pertama yg lu gonceng pake motor baru lu harus dia!”. Mas Rio merintah gue seenaknya macam gue anak buahnya.             “lah mas baru sekali kenalan masa tiba-tiba udah ngajak bareng, lagian kayaknya sulit deketinnya, udah banyak yg ngincer, primadona baru dia disekolah”. Jawab gue             “nah ini nih, mental begini yg bikin lu ga bisa masuk tentara, belom perang udah mundur duluan”. Jawab mas Rio yg sudah selesai porsi pertama makananya dan lanjut porsi kedua.             “yah iya sih mas, tapi gimana, masih ga berani gue”. Jawab gue dengan lesu.